Apa itu Lockdown, ODP, PDP, dan Istilah-istilah Lainnya Seputar Corona?

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Beberapa istilah kerapkali digunakan oleh pemerintah, tenaga kesehatan, jurnalis, maupun netizen di media sosial ketika virus korona mulai mewabah di Indonesia, seperti Lockdown, Social Distancing, ODP, dan lainnya. 
Sebenarnya apa sih maksud dari istilah-istilah tersebut?

1. ODP (Orang Dalam Pemantauan), yaitu orang yang sempat bepergian ke negara atau lokasi episentrum korona atau sempat melakukan kontak dengan orang yang diduga positif korona. Orang yang berstatus ODP diwajibkan untuk isolasi mandiri selama 14 hari.

2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan), yaitu ODP yang naik status menjadi PDP ketika sudah menunjukkan gejala terjangkit covid-19 seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan sesak napas. Karena PDP merupakan pasien, maka masuk dalam kategori harus dirawat oleh tenaga kesehatan di ruang isolasi.

3. Suspect, Orang dengan predikat suspect ini sudah menunjukkan gejala penyakit covid-19 dan diduga kuat sudah melakukan kontak dengan pasien positif covid-19

4. OTG (Orang Tanpa Gejala),  Tidak menunjukkan gejala covid-19, namun memiliki resiko tertular dari orang yang positif covid-19, dan juga bisa menularkan kepada orang lain. Salah satu tanda OTG yang terinfeksi virus corona adalah hilangnya kemampuan mencium bau.

5. Lockdown adalah mengunci seluruh akses keluar masuk dari suatu daerah maupun negara yang bertujuan agar virus tidak menyebar lebih jauh lagi. Jika suatu daerah dikunci atau di lockdown, maka semua fasilitas publik harus ditutup.

6. Social Distancing, yaitu menjaga jarak dengan manusia, menjauhi setiap perkumpulan, dan menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.

7. Work From Home (WFH), sesuai dengan artinya, yaitu bekerja dari rumah. Untuk mengurangi resiko tertular atau menularkan, kita tidak perlu pergi bekerja, cukup bekerja di rumah saja.

8. Rapid Test, merupakan metode pemeriksaan cepat untuk melihat infeksi di tubuh dengan menggunakan sampel darah.

9. Epidemi, adalah penyebaran penyakit secara cepat di suatu wilayah dengan jumlah orang yang terjangkit banyak 

10. Pandemi, jika sudah dianggap pandemi, berarti penyakit tersebut sudah menyebar ke seluruh dunia atau penyebarannya terjadi secara global.
 

Baca juga:  #dirumahaja Gegara Virus Korona, Enaknya Ngapain?




Tidak ada komentar