Tips Begadang Supaya Tidak Lemas

Begadang jangan begadang..kalau tiada artinya.. (H. Roma Irama)

Jam di hp ku menunjukkan pukul 0:56, itu artinya aku menulis ini dalam keadaan begadang. Sebenarnya apa yang dinyanyikan oleh H. Roma Irama itu benar, jangan begadang kalau tidak ada artinya. Sebab, kalau kita terus-terusan begadang, penyakit akan bermunculan, daya tahan tubuh menurun, dan fisik menjadi lemah. Ini serius, karena aku sendiri sudah membuktikannya. 
Tapi mengapa aku masih juga begadang?
Karena kata H. Roma Irama, 
"Begadang boleh saja, kalau ada perlunya.."😂
Yup, benar! Aku sering begadang karena ada yang kukerjakan. Dalam artian, pekerjaan yang aku lakukan hanya bisa dilanjutkan malam hari atau tengah malam. Seperti misalnya mengentri data online, karena mengerjakannya di tengah malam lebih lancar daripada di waktu yang lain. Atau menulis, entah kenapa inspirasi selalu datang di malam hari.
Tapi, kalau tidak ada yang dikerjakan, jam 10 malam aku sudah memejamkan mata, tidur mati; walaupun gempa gak akan terasa.
Dikarenakan kerjaanku yang menumpuk di rumah ini, aku jadi keseringan begadang. Sebelumnya, aku sudah mempertimbangkan beberapa hal yang harus kulakukan agar tubuhku tetap fit keesokan harinya. Berikut tips dari aku supaya tidak lemas saat begadang,

1. Mengatur jadwal tidur dengan menabung tidur di siang hari atau sehabis isya
Jam tidur kita tetaplah harus cukup dalam sehari. Misalnya kita biasa tidur 6 jam dalam sehari, maka dicukupkan saja dalam sehari itu tetap tidurnya 6 jam. Jika malam hari kita berniat untuk begadang, maka kita bisa tidur siang atau tidur sehabis isya dulu selama 2-3 jam. Sisanya menyusul setelah begadang.

2. Menyalakan lampu saat tidur
Bangun di tengah malam bukanlah hal yang mudah bagiku jika sudah tertidur. Kebiasaan mematikan lampu supaya tidur lebih nyenyak harus diganti dengan menyalakan lampu agar lebih mudah terbangun. Apakah kamu juga demikian?

3. Makan
Saat begadang, aku akan makan supaya gak ngantuk. Pilihlah makanan bergizi dan berprotein tinggi untuk menjaga tubuhmu supaya tetap fit.

4. Olahraga
Investasi kesehatan terbaik di masa muda adalah olahraga. Dengan berolahraga, tubuh kita akan jauh dari rasa capek dan lemas. Selain itu, tubuh akan menjadi lebih sehat dan kesehatan di masa tua lebih terjamin.

5. Perbanyak makan sayur dan buah
Nah, ini benar-benar penting untuk tubuh agar daya tahan tubuh kita tetap kuat. Perbanyaklah memakan buah yang mengandung vitamin C. Hindari mengkonsumsi vitamin, suplemen, atau obat kimia lainnya. Carilah makanan yang alami, agar daya tahan tubuh kita juga lebih kuat secara alami.

6. Ngopi? coba pikirin lagi deh
Sebagian orang merasa bahwa walaupun mereka ngopi, tetap tidak bisa menghilangkan rasa kantuk. Namun bagiku, kopi sangat memberi efek samping yang membuatku menderita seharian bahkan besoknya. Misalnya aku ngopi di pagi hari, memang saat siang terasa segar dan bisa fokus. Namun ketika malam datang, aku sama sekali tidak bisa tidur, dadaku berdebar-debar kencang, gelisah, pusing, dan perutku mual. Kandungan kafein di dalam kopi membuat tubuh menjadi tidak sehat. Untuk itu, bagi kamu yang mau begadang, usahakan jangan menjadikan kopi sebagai teman begadangmu.

Oke, itulah tips dari aku. Tapi sekali lagi aku ingatkan, kalau gak penting-penting amat, sebaiknya hindarilah begadang. Sebab, kalau daya tahan tubuh sudah lemah, penyakit akan datang dengan sendirinya dan mengganggu semua aktivitasmu. Jangan nodai masa mudamu dengan kegiatan yang merugikan kesehatanmu sehingga masa tuamu menjadi terancam penyakitan.

Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat. (QS. An Naba: 9)





Tidak ada komentar