Asam Buayie: Makanan Khas Melayu Daratan


Assalamualaikum,
Hello Kakak-kakak...😊

Aku mau memperkenalkan kakak-kakak sama makanan khas masyarakat Melayu Daratan nih. 
Ada yang tahu dimana Melayu Daratan?
Melayu Daratan adalah wilayah Riau daratan yang terletak di pulau Sumatera. Berhubung kemaren aku dan teman-temanku tinggal selama 2 tahun di Riau, kita jadi kecipratan menikmati berbagai kuliner khas Riau. Salah satunya adalah Asam Buayie.
Ceritanya pagi itu (28 Maret 2015) kebetulan kita sedang bertandang ke Kantor Lurah Kelurahan Sekijang Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Ternyata kakak-kakak staf dan perangkat kelurahan di sana sedang asik membersihkan ikan lele.
Ada juga yang asik menyiapkan piring serta sayur-sayuran untuk dimasak. Kita langsung bantu mereka sambil nanya,
"Lelenya mau diapakan Kak?"
"Mau buat Asam Buayie"
"Wah, apa itu? Aksennya agak susah disebut"
"Makanan khas melayu, ayo bakar lelenya" Kata Kak Nur.


Temenku si Inong Aceh langsung ikutan membakar lele, bersama Bang Jari. Aku Juga ikut-ikutan bakar-bakaran, tapi yang aku bakar bukan lele, melainkan terong asam. Terong asam adalah buah favorit emak-emak Melayu. Rata-rata masakan melayu seperti asam padeh atau sambal terasi menggunakan terong asam sebagai pengganti tomat. Terong asam bentuknya bulat, kalo udah matang berwarna kuning, dan rasanya asam.

Nah, kita mulai praktik yuk, cara membuat asam buayie..😊

Bahan :
- Ikan lele 2 ekor, diutamakan ikan lele kampung/ limbat
- Terong asam 1 buah
- Cabe rawit putih 3 buah
- Bawang merah 2 siung
- Bawang putih 1 siung
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- Air hangat secukupnya

Langkah :
- Bersihkan ikan lele, bakar tanpa menggunakan garam
- Bakar terong asam
- Iris serong cabe rawit, juga bawang merah dan bawang putih
- Masukkan irisan cabe dan bawang ke dalam mangkuk
- Masukkan ikan lele bakar, tapi sebelumnya lelenya disuir kasar terlebih dahulu. Hati-hati tulang.
- Masukkan juga terong asam yang sudah dibelah setengah
- Remas ikan lele dan terong dengan menggunakan tangan kanan, diutamakan pakai tangan karena rasa akan lebih enak.
- Setelah itu masukkan garam dan penyedap rasa
- Terakhir masukkan air hangat, aduk pelan
- Cobain dulu, kalo udah pas rasanya tinggal disajikan. Untuk 1 porsi (1 mangkuk)

Mudah kan, tapi rasanya gak main-main. Kalo kata orang melayu itu,
 "Sodaaap kalii.." hehe.


Asam Buayie enak dimakan pake nasi, ditambah lagi waktu itu kakak-kakak staf juga masak sambal terasi melayu, rebusan daun ubi, rebusan labusiam, dan lalapnya buah rimbang muda. Udah, ludes semua itu makanan.😂


Buat kakak-kakak yang mau nyoba, selamat mencoba ya. Beneran kok aku jamin kalo rasanya pasti sodaapp..😍

Sekali lagi, selamat mencoba kakak, kasih info ya kalo ada yang jual/menanam terong asam di wilayah Bengkulu.😊
Wassalam.







16 komentar

  1. Baru baca stngah artikel, sdh langsung mikir "dmn nyari terong asam ya daerah tempat kita tgl ni?" trnyata penulis pun berpikir hal yg sama, sm2 mencari terong asam kito fit, 😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Iyo say,, terpakso mintak kirim bibit dulu dr Riau kalunyo Dkdo..

      Hapus
  2. Aku juga bertanya-tanya soal terong asamnya, hihi

    BalasHapus
  3. Aku yakin pasti sodap masakan ini.. tapi itu dia memang.. masalahnya ga pernah liat jualan terong itu di bengkulu.. mungkin kalau suatu saat ke riau aku cari.. penasaran we

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalo ke Riau n ketemu, kabarin aku ya mbak..

      Hapus
  4. pengen nyoba makannya nih.. penasaran...

    BalasHapus
  5. Makan dusun noh, obat kangen yaaah. Sesekali bolehlah bawakan yoo seporsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo mbakku.. doakan ketemu terong asamnya Yoo..hihi

      Hapus
  6. Mantap nih kalo udah ngobrolin makanan. Bawaanya jadi lapar aja. Apalagi kalo masakan dusun, muantap bangettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Mira tau aja,, kayaknya kita satu selera ya..hhh

      Hapus
  7. Hmm dapat resep baru ni buat masak lele, tapi iya ni dimana bunda harus mencari terong asam nya hehe

    BalasHapus
  8. Wahhh,, baru tau ada terong asam, ada contoh bentuk pas mentah nya gak mbak?. Jadi biar tau perbandingannya gimana.

    BalasHapus
  9. Wahh baru tau lele bisa dibegituin jadi laper nih mau nyobain

    BalasHapus
  10. Duhh . Pengen nyicip. Gmna ya rasanya. Hemm

    BalasHapus