#dirumahaja Gegara Virus Korona, Enaknya Ngapain?

sumber gambar: everydaypower.com
Semenjak diumumkannya wabah korona sebagai pandemi global oleh WHO, masyarakat dunia menjadi panik. Bagaimana tidak, virus kecil ini dapat menyebabkan penderitaan bahkan kematian. Virus yang sudah menelan ribuan nyawa ini sangat mudah menular; hanya melalui tangan saja, yang jika kita menyentuh wajah, virus akan masuk melalui mata, hidung, atau mulut. Di Indonesia sendiri, malam tadi sudah 19 orang yang meninggal dunia akibat dari virus mengerikan ini.

Setelah Presiden Jokowi mengumumkan bahwa saatnya bekerja, belajar, dan melakukan ibadah di rumah, kebanyakan instansi meliburkan semua kegiatan di kantor, begitupun dengan sekolah yang juga diliburkan selama 14 hari. Masyarakat diharapkan untuk melakukan semua aktivitas dirumah, tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting. Rame di sosmed hastag #dirumahaja yang mengajak untuk tetap stay di rumah guna menghambat dan memperlambat persebaran virus korona.

Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan di selama di rumah?

1. Kerja
Bagi kamu yang bisa mengerjakan pekerjaan di rumah, saatnya untuk tetap melakukan aktivitas bekerja. Bekerja di rumah tentu lebih menyenangkan karena bisa sambil rebahan atau sambil ngemil. Biasanya dilakukan oleh orang-orang kantoran dan juga freelancer online.

2. Belajar Masak
Memasak bisa menghilangkan stres dan melupakan kekusutan pikiran akibat parno virus korona. Kamu bisa memperdalam skill kamu di bidang masak-memasak, belajar terus walaupun rasa masakan tidak enak. Yang penting yakin. 😉

3. Beres-beres rumah
Mungkin selama ini kamu lupa memperhatikan bahwa lemari sudah berdebu, pakaian belum dicuci dan disetrika, sepatu dan sandal yang belum disikat, atau apapun yang bisa membuatmu sibuk di rumah. Beres-beres rumah juga termasuk olahraga.

4. Baca buku
Kalo selama ini kamu gak punya waktu senggang untuk membaca buku, inilah saatnya. Membaca buku bisa memperluas wawasan dan menambah ilmu. Bisa bikin ketiduran juga.

5. Koleksi sertifikat, ikut kelas online
Nah, daripada gabut, mendingan kamu nambah ilmu dengan ngikutin kelas online. Seperti kelas menulis, design, coding, developer, dsb. Skill ini sangat dibutuhkan di masa depan.

6. Nulis
Buat kamu yang hobi nulis atau sedang belajar nulis, kesempatan banget pas libur mengasah hobi kamu. Minimal nulis diary, atau bisa juga buat puisi.

7. Nonton film
Suka drama Korea? atau ada juga yang senang nonton film action? Nonton film bisa menghilangkan stres juga loh apalagi kalo emang udah jadi hobi.

8. Main game
Main game akan menghilangkan rasa bosan dan yakin deh, gak ingat waktu tiba-tiba udah malam aja. Liburanmu gak akan terasa suntuk kalo main game. Eits, tapi jangan sampai begadang ya, ntar kamu sakit.
9. Buat to do list
Kamu punya banyak planing di masa depan? atau ada target visi misi yang harus diselesaikan? Coba deh dibuat to do list nya, apa saja yang mau kamu lakukan selama tahun ini. Bisa dari hal sederhana, seperti pengen mandi 2 kali sehari, atau pengen lebih rajin menggosok gigi. Atau ingin hidup lebih sehat. Buatlah langkah-langkah untuk mencapainya.

10. Ngasuh Anak
Yang punya anak, sudah saatnya berkumpul sama mereka. Quality time bersama keluarga sangat penting demi menjaga kesehatan mental dan psikologis anak. Kamu bisa mendampingi mereka belajar dan bermain bersama di rumah.

11. Melamun 
Jangan meremehkan orang yang suka melamun. Einsten yang hobi melamun bisa menemukan teori relativitas. Siapa tahu dengan melamun kamu bisa menemukan penawar dari COVID-19 ini. hehe

12. Olahraga
Lakukan olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti senam, yoga, lari di tempat, dan sebagainya. Dengan olahraga tubuh menjadi lebih sehat, daya tahan tubuh meningkat sehingga lebih kebal dari bahaya virus korona.

13. Berkebun
Menanam bunga atau sayur-sayuran di halaman rumah itu asik, sambil belajar merawat dan melatih kesabaran dalam menunggu tanaman yang kita tanam sehingga berbunga, tumbuh besar, dan berbuah.

14. Bertapa dan memperbanyak ibadah
Mungkin kita perlu perenungan atas semua yang sudah kita lakukan selama ini. Apakah pernah menyakiti orang lain, atau sudah banyak melakukan kesalahan. Dengan usia yang tak tahu kapan berakhirnya ini, ada baiknya kita memperbanyak ibadah untuk memenuhi kebutuhan spiritual kita.

15. Berkumpul dengan keluarga
#dirumahaja selama 14 hari bisa banget bikin kamu lebih kompak dengan keluarga. Kumpul keluarga lengkap, nonton bareng, makan bareng, bercanda bareng. Tidak ada yang lebih penting daripada kasih sayang keluarga kita.

Virus korona yang bisa menyerang siapapun ini, mungkin suatu saat akan menyerang kita. Namun jangan panik. Semua orang punya garis kehidupan masing-masing, tapi selagi masih bisa berusaha untuk menghindari, itu lebih baik daripada harus mengobati.

Yuk, #dirumahaja. 😊😊

2 komentar