Gulai Jamur Tikus

Tadi pagi aku cek isi kulkas, rupanya masih ada jamur tikus yang kubeli seminggu yang lalu. Aku langsung eksekusi ini jamur, biasanya kubuat sambel, tapi kali ini pake santan. Awalnya ini cuman eksperimen aja sih.. tapi kata keluargaku enak (gak tau ya, apa cuman menjaga perasaanku aja..wkwk), jadi kubagiin deh resepnya sama kalian. Bisa dicobain di rumah dong..hehe

Bahan:
- 4 genggam jamur tikus, rendam terlebih dahulu dengan air panas
- 1 bungkus santan kara 65 ml, campur dengan 1 gelas air
- 3 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 1,5 cm jahe
- 1 cm kunyit
- 1 batang sereh, digeprek
- 7 buah cabe merah
- 3 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas, digeprek
- 1,5 butir kemiri
- 3 sdm minyak sayur
- garam secukupnya
- gula secukupnya
- penyedap rasa secukupnya (opsional)

Cara membuat:
- Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, kemiri, jahe, dan kunyit
- Panaskan wajan, masukkan minyak sayur
- Tumis bumbu halus, masukkan sereh, lengkuas, dan daun salam
- masukkan garam dan gula
- Setelah matang dan wangi, masukkan jamur tikus yang sudah direndam dan dibersihkan, aduk-aduk sehingga bumbu merata
- Masukkan santan yang sudah dicampur air. aduk sampai rata
- tunggu sampai matang, sambil sesekali diaduk
- Gulai jamur tikus siap dihidangkan.

Selamat mencoba.😊

Baca juga : #dirumahaja Gegara Virus Korona, Enaknya Ngapain?

2 komentar