Tips Memberi Kado

Siapapun pasti senang diberi kado, walaupun hanya kado kecil yang harganya mungkin tak seberapa. Memberi kejutan untuk orang-orang terdekat akan menambah keakraban dan kasih sayang, tentunya juga kebahagiaan. Itu artinya, dengan memberi kado berarti kita membuat orang lain bahagia. Ada yang pernah bilang sama aku, "kalau kamu ingin bahagia, bahagiakanlah orang lain."
Kesimpulannya, buatlah dirimu bahagia dengan memberi. Semakin banyak memberi maka diri kita akan semakin bahagia. Salah satunya memberi kado.


Biasanya ketika kita menerima kado, kita akan penasaran apa sih isinya. Inilah yang membedakan kado dengan pemberian yang lain, karena kado diberikan dengan menggunakan bungkusan yang tak transparan. Aku sering menerima kado dari sahabat, aku juga sering memberi kado. Aku paling senang ketika sahabatku memberikan barang yang biasa dipakainya, semisal gelang, jaket, kaos kaki, dsb. Apalagi jika kita akan berpisah jauh, memakai barang pemberian sahabat yang dulu sering mereka gunakan akan selalu mengingatkan kita pada sahabat tersebut, dan merasa bahwa sahabat tersebut selalu ada bersama kita.

Kembali lagi ke kado tadi,
Sebenarnya memberi kado untuk surprise tak hanya dilakukan pada saat orang-orang terdekat kita merayakan hari spesial seperti ultah, pernikahan, aqiqah bayi, dsb. Pemberian kado bisa kita lakukan kapanpun dimanapun, yang pastinya untuk mempererat hubungan kita dengan orang yang kita beri kado.
Berikut tips memberi kado yang sering aku lakukan,

1. Sesuaikan dengan isi kantongmu
Sebelum membeli kado, coba cek dulu berapa budget yang tersedia di dompetmu. Tentukan berapa rupiah yang akan kamu keluarkan tanpa membebani pengeluaranmu untuk kebutuhan yang lain.

2. Tentukan isi kado dengan memahami kebutuhan orang yang akan diberi kado
Sebenarnya ini opsional, tapi menurutku yang terbaik adalah memberikan kado yang dibutuhkan oleh orang yang akan kita beri. Misalnya teman kita tidak punya sepatu, atau sepatu olahraganya sudah lusuh dan tidak layak pakai. Kita bisa memberikan kado sepatu kepada teman kita tersebut di hari spesialnya atau ketika kita memiliki kelebihan uang. Contoh lagi, sahabat kita menikah. Kamu sudah tahu bahwa setelah menikah sahabatmu akan langsung pindah ke rumah baru. Maka kado yang terbaik adalah membelikannya perlengkapan rumah tangga.

3. Berikan kado yang bermanfaat
Seandainya kita tidak tahu apa yang dibutuhkan orang yang akan kita beri kado, maka carilah barang yang bermanfaat untuk digunakan oleh orang tersebut. Misalnya memberikan botol minum, jam tangan, sandal jepit, dan lain sebagainya.

4. Cek hobi juga bisa
Misalnya orang tuamu hobi nyanyi, belikan aja kaset DVD lagu lawas. Sahabatmu hobi baca buku, kamu bisa belikan buku sebagai kado. Hobi tidur kayak aku, belikan aja guling. Atau mungkin ada juga temanmu yang hobi ghibah, kamu bisa belikan komik siksa neraka atau kaset ceramah agama. 😂

5. Berikan dengan ikhlas tanpa mengharap balasan
Ketika kamu memberi kado, maka jangan berharap juga akan diberi kado. Berikanlah dengan ikhlas dan karena memang kamu menginginkannya, tanpa ada paksaan dari pihak manapun.


Sekian tips dari aku, mohon ditambahkan ya..

Tidak ada komentar