Kecombrang? Sebut Saja Unji

Mungkin ada yang sampai sekarang belum tahu apa itu kecombrang, akupun baru mengenal kecombrang di masa-masa kuliah. Gegara teman satu kosan membawa dari kampungnya; gulai dengan rempah kecombrang. Waktu pertama kali makan kecombrang sempat terucap di dalam hatiku, "ini pertama dan terakhir aku memakannya." Wah, kok aku segitunya ya?
Kecombrang adalah bunga berwana merah yang memiliki bau yang khas dan menyengat dengan rasa yang asam. Kecombrang memiliki banyak kelopak dan biasanya kelopak termuda yang dijadikan rempah untuk memasak. Banyak dari teman maupun saudaraku yang tidak suka jika masakan di campur dengan kecombrang karena rasa serta baunya yang khas dan sedikit aneh. Itu juga yang terjadi denganku waktu pertama kali mengkonsumsi bunga ini.
Sumber: resepkoki.id
Di daerahku (Rejang Lebong) kecombrang di sebut unji, tapi ada juga temanku yang menyebutnya unjai (Lebong). Kalo aku sendiri sebenarnya lebih senang menyebutnya unji.
Unji memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menghilangkan bau badan. Manfaat lainnya yaitu untuk melancarkan peredaran darah dan menetralisir lambung. Sebenarnya aku juga baru tahu belakangan ini mengenai manfaat dari bunga rempah ini.
Dulu, aku benar-tak mau lagi makan bunga ini. Sampai akhirnya teman abangku memasaknya lagi di rumah. Unji ditumis pedas campur teri. Dan aku dipaksa memakannya. Ternyata..lama-kelamaan enak juga.😂

Bertahun-tahun kemudian, ketika aku di rantau orang, aku dan teman seperantauanku mampir di sebuah warung makan. Sebenarnya warung itu terkenal dengan sotonya, tapi banyak juga menu lainnya dengan harga yang terjangkau. Aku lupa nama warungnya, di daerah Pekanbaru. Nah, di daftar menu ada sebuah nama makanan yang menurutku aneh. Karena penasaran, maka aku memesan makanan tersebut. Makanan tersebut adalah Tom Yam.

Kawan, aku baru tahu ada makanan bernama Tom Yam ketika usiaku 25 tahun. Lebih baik daripada tidak sama sekali.haha

Pesananku sampai, ternyata Tom Yam adalah makanan berkuah yang berisi sayur-sayuran dan seafood. Dan.. ada kecombrangnya juga.


Gimana rasanya??
Kalau menurutku enak dan segar. Teman-temanku juga pada doyan. Pokoknya top lah. Baru sekali ini aku benar-benar suka makanan yang berkuah melebihi bakso, soto, dan kerabatnya. Tom Yam sudah cukup enak walaupun hanya ditemani dengan nasi putih saja.
Sejak saat itu, kalau kita ke Pekanbaru, kita pasti mampir ke warung ini. Hanya untuk melepas kangen sama si Tom Yam.
1 tahun yang lalu, saat berkunjung ke Pekanbaru setelah lama tak main kesini lagi bersama sahabatku.

Aku tinggal di Riau hanya 2 tahun. Dari tahun 2014 sampai 2016. Setelahnya kami tak pernah lagi mencicipi Tom Yam, hingga akhirnya setahun yang lalu kami main lagi kesana. Karena doyan, aku pun berinisiatif untuk mencoba membuatnya di rumah. Dan rasanya lumayan mirip, walaupun gak pake seafood

Bagi yang suka kecombrang, pasti bakal suka. Tapi bagi yang belum, yuk belajar buat suka makan apa aja.
Ada yang mau coba membuatnya? klik disini.

Selamat mencoba..😚


6 komentar

  1. Unji oh unji, seleraku
    Beneran bisa olah kecombrang?
    Aset daerah nih unji hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bg, kalo bisa diolah ke yang lain kayaknya keren itu..hehe

      Hapus
  2. Wuih ternyata kecombrang itu unji ya dik

    BalasHapus
  3. Enak ya mbakk unji unjai nya hehehe

    BalasHapus