Sarapan Pagi di Kota Kecilku

Assalamualaikum sobat,

Apa kabarnya hari ini? Udah sarapan pagi apa belum? Kalo belum makan dulu sana, biar kuat menghadapi dunia..hehe.
Btw aku mau cerita nih, sekalian promo berbagai kuliner yang ada di kota kecilku. Aku tinggal di Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Kalo mengenai sarapan pagi, aku biasa makan apa saja sesuai selera. Semisal pagi ini aku maunya makan lontong, besok maunya makan bubur, besoknya lagi makan kue. Alhamdulillah di kota kecilku yang sangat aku cintai ini aku bisa menikmati semuanya, karena memang banyak pilihan makanan dengan harga terjangkau. Biasanya kalo pagi cari aja di sekitar pasar. Banyak kok yang jual sarapan. Berikut sarapan pagi yang biasa kumakan, beserta budgetnya. Cekidot!

1. Makan Nasi
Kalo di pedesaan, nasi adalah makanan wajib masyarakat desa yang mau berangkat kerja ke kebun pagi-pagi. Jadi, mereka subuh-subuh itu udah bangun buat masak nasi dan sayur. Nah, aku juga suka loh makan nasi kalo pagi, semisal ibu gak beli sarapan di warung, aku bakal makan nasi. Sayur/lauk apa aja boleh, kusikat deh.

2. Makan Gorengan dan Kue
Nah, ini yang paling sering dibeli ibuku kalo ke warung: gorengan dan kue. Harganya Rp 2.000,00/ 3 buah, atau bisa juga Rp 1.000,00/1 kue. Biasanya temennya ini teh hangat atau teh susu.

3. Makan Lontong Sayur
Di tempatku harga lontong sangat terjangkau, Rp 3.000,00/ porsi. Dan rasanya lumayan enak. Kamu mau coba?

4. Makan Nasi Uduk
Sama kayak lontong, nasi uduk di tempatku juga murah meriah, Rp 3.000,00/porsi. Biasanya sayurannya bihun sayur, orak-arik tempe, telur, sama kerupuk.

5. Makan Bubur Sumsum
Bubur Sumsum yang kumaksud adalah bubur putih dari tepung beras yang dicampur sama kuah gula merah. Harga Rp 3.000,00/porsi. Ini enak banget dimakan pas masih hangat, apalagi dimakan pas lagi lapar.hehe

6. Makan Bubur Kacang Ijo
Bubur kacang ijo sangat baik untuk kesehatan, karena mengandung beberapa vitamin, protein, asam folat, lemak tak jenuh, kalsium untuk kesehatan tulang, serta untuk perbaikan sel. Buat kamu yang lagi hamil, bubur kacang ijo ini aku rekomendasikan banget deh. Kalo di kotaku harganya Rp 3.000, 00/porsi.

7. Makan Bubur Ayam
Bubur ayam harganya Rp 10.000,00/porsi. Aku sering beli di lapangan Setia Negara kalo habis joging pagi. Tepatnya di depan Puskesmas.

8. Makan Burgo
Burgo adalah makanan khas dari Palembang Sumsel yang dibuat dari tepung beras dengan kuah santan. Kok banyak di Curup? Kupikir wilayah kita sebelahan aja sama Sumsel, dan pastinya Provinsi Bengkulu kan juga pernah gabung sama Sumsel, sebelum bercerai..hehe.(Maaf, aku agak drama). Harganya Rp 3.000,00/porsi.

9. Makan Pempek Cuko
Semenjak serumah dengan sahabatku wong Palembang (2014-2016) dua tahun lalu, aku juga jadi terbiasa makan pempek cuko (cuka) di pagi hari. Kebetulan sahabatku itu suka sekali masak berbagai jenis pempek. Maka sampai sekarang saat kami terpisah, aku tetap suka makan pempek cuko yang dibeli di warung kaki lima terdekat. Harga biasanya 3 pempek Rp 2.000,00.

10. Makan Ubi/ Kacang Rebus
Ubi rebus enak kalo dicampur sama gula pasir atau gula merah. Kita biasanya gak beli ubi karena tanam sendiri. Begitupun kacang, keseringan dikasih tetangga yang panen sih..hehe
 

11. Makan Biskuit Roma
Kalo lagi mager, kita mah belanja di warung terdekat; lima langkah dari rumah, kita belinya Biskuit Roma. Biskuit Roma ditemani kopi atau teh hangat, sambil baca buku di pagi hari, buat tambahan gizi pikiran. Yok dicoba. Harga di warung Rp 9.000,00/ bungkus.

12. Makan Roti Tawar
Roti tawar dikonsumsi di rumah kami jika dan hanya jika bulan muda alias awal gajian. Kenapa? karena sudah kebiasaan kita menganggap makanan seperti itu agak mewah dan gak mungkin dibeli tiap hari, walaupun sebenarnya harganya sedikit terjangkau Rp 15.000,00/bungkus..šŸ˜‹
Roti tawar jarang kulihat pagi-pagi di pasar. Tapi roti tawar ini juga bagus untuk sarapan pagi, biasanya kita campur sama susu cokelat kental manis.

13. Makan Mi Ayam
Pagi-pagi makan mi ayam? emang ada yang jual? Kalo di Curup mah banyak. Mi ayam harga paling terjangkau bisa kalian temukan di terminal Pasar Atas, harganya hanya Rp 5.000,00/porsi. Aku tuh sering beli kalo sedang mood belanja sayur dan pakaian murah di Pasar Atas pas pagi-pagi. Rasanya? lumayan kok..

14. Makan Kembang Tahu
Bentuk kembang tahu hampir mirip sama bubur sumsum tepung beras, susu kedelai putih dicampur agar-agar yang dikuahin gula merah. Tapi kayaknya gula merahnya dikasih jahe karena rasanya agak pedas. Kembang tahu ini juga enak dimakan pas lagi hangat di udara pagi yang dingin. Harga: Rp 5.000,00/porsi.

15. Makan Bubur Bayi
Biasanya aku punya stok bubur bayi yang kumakan kalo lagi gak enak badan/sakit. Kebiasaan ini memang gak lumrah karena usiaku yang bukan lagi usia bayi. Tapi entah kenapa aku tetap suka.

16. Makan Buah
Buah adalah sarapan pagi tersehat menurut food combining karena selaras dengan kerja sistem pencernaan tubuh kita di pagi hari. Aku juga kalo pagi itu sering kali makan buah, terutama buah pisang yang harganya sangat terjangkau dan nilai gizinya juga besar. Monggo dicobain, kalo mau yang lebih terjangkau lagi, tanam aja pepaya di depan/belakang rumah. Kan nanti bisa gratis.hehe

17. Minum Jamu
Kalo kamu main-main ke Pasar Atas Curup di pagi hari, atau ke dekat-dekat daerah pasar, biasanya banyak ibu-ibu tukang jamu keliling yang bawa gerobak. Minum jamu tak diragukan lagi, bikin sehat dan selera makan naik. Harga: Rp 2.000,00/gelas.

18. Gak Makan
Selain sarapan makanan-makanan di atas, aku juga terkadang gak sempat sarapan. Biasanya ini terjadi kalo aku ada kegiatan di pagi hari yang membuatku fokus sama kegiatan itu sampe lupa sarapan. Yang seperti ini jangan ditiru ya sobat, gak baik. 

Makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang.
Dari keseluruhan sarapan pagi yang sering kumakan itu, aku gak menyarankan kamu untuk mengawali pagi dengan sarapan nasi uduk, lontong, pempek cuko, atau kopi buat kamu yang menderita penyakit maag. Tapi kalo udah makan yang lain, gak apa-apa. Apalagi nasi goreng yang memang sangat jarang jadi sarapan pagiku karena lebih suka makan nasgor pas sore atau malam hari. Takutnya nanti sakit maag kamu kambuh.
Buat kamu yang gak biasa sarapan, segera dibiasakan untuk kepentingan tubuhmu. Jangan lupa minum air putih ya, karena sebagian besar tubuh kita mengandung dan membutuhkan air.
Buat roti tawar, kembang tahu, dan bubur bayi, maafin aku ya. Aku gak pajang foto kalian dulu. Aku ingin membiarkan pembaca berimajinasi tentang wujud/rupa kalian, siapa tahu setelah berimajinasi nanti akan penasaran dan pengen coba..wkwkšŸ˜‚

Terima kasih sudah membaca, wassalam.


Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan nulis serempak Blogger Bengkulu.




2 komentar